Putra Perdhana

Blog Seputar Bisnis Online dan Wirausaha

cara jualan online di website

Cara Jualan Online di Website

Berikut ini saya akan membahas tentang cara jualan online di website.

Bagi usaha kecil atau menengah (UMKM) yang belum mempunyai website jualan sendiri padahal penjualan produknya sudah banyak. Mungkin salah satu penyebabnya adalah banyak pengusaha UMKM yang belum mengetahui cara membuat website untuk jualan online. Makanya mereka lebih memanfaatkan marketplace sebagai tempat berjualan online.

Website jualan online sangat penting, merupakan kebutuhan dasar untuk menggantikan fungsi toko fisik dalam berjualan. Sama halnya dengan toko fisik namun memiliki situs web yang mempunyai alamat tersendiri. Alamat situs web tentu berbeda dengan lainnya sehingga pelanggan tidak mungkin salah mengakses situs web tersebut.

Untuk membuat website jualan, yang pertama dilakukan adalah menentukan ide yang akan dijadikan web jualan anda. Dalam menentukan ide yang sesuai dengan bisnis, anda bisa menunjukkan ciri dari bisnis online anda agar nantinya ramai pengunjung. Dari ide tersebut anda bisa mendapatkan tema yang kemudian diimplementasikan ke website toko online.

cara jualan online di website

Setelah menentukan ide, langkah selanjutnya adalah memilih nama domain untuk webstore. Pemilihan nama domain digunakan sebagai alamat web toko online agar memudahkan pengunjung mencari website anda. Kemudian gunakan hosting yang tepat yang memiliki keamanan ketat dan spesifikasi yang cukup besar.

Langkah terakhir membuat website yaitu memakai kata kunci yang berhubungan dengan bisnis anda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan website anda dicari oleh orang dan masuk ke pencarian google. Setelah melakukan langkah pembuatan website, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website jualan online untuk mempermudah pembuatan websitenya.

Setelah website jualan anda jadi, berikut cara sukses jualan di website agar lebih menguntungkan.

 

Cara Jualan Online di Website

Lakukan iklan

Beriklan di internet tidaklah mahal jika dibandingkan dengan media iklan lainnya. Mempunyai website untuk berjualan syarat utamanya harus ada pengunjung, salah satu caranya dengan beriklan. Iklan yang paling efektif untuk mendapatkan penjualan adalah dengan google ads. Dengan syarat produk yang anda jual akan dicari melalui google, sebab ada jenis produk yang tidak banyak mencari di google.

Selain itu, jika produk anda sudah dipercaya masyarakat misalnya produk anda di pakai oleh artis sedangkan produk dan website baru maka gunakan iklan social media untuk mencari awareness saja. Jangan mengharapkan iklan hari ini besoknya laku, berbeda dengan google ads yang beriklan hari ini maka hari ini juga bisa laku.

jualan lewat website umkm

 

Buatlah website yang relevan

Website relavan tidak dari sudut pandang anda sebagai pemilik website saja, tetapi dari sudut pandang konsumen website tersebut. Tanda relavan jika ada visitor web yang menemukan apa yang mereka cari di website anda, jika visitor tertarik akan melakukan transaksi. Itulah yang dimaksud dengan relavan, bukan hanya dilihat dari segi tampilannya melainkan semua satu kesatuan mulai dari desain, navigasi, content, dan kemudahan akses. Untuk memahami sebuah website relavan anda bisa mengecek antara jumlah pengunjung dibandingkan dengan jumlah order dengan minimumnya 10%.

 

Terapkan SEO

Tentunya website bertujuan untuk jualan, mendapatkan banyak pelanggan sehingga wajib menerapkan SEO. Namun, SEO itu jangka panjang prosesnya diantara 3-6 bulan bahkan bisa satu tahu. Tujuan utamanya SEO agar bagian website banyak yang muncul di halaman google dengan kata kunci yang ditargetkan. Website lebih mudah mendapatkan pengunjung yang berpeluang sebagai calon customer dalam kepentingan jangka panjang.

Jika tidak menerapkan 3 hal tersebut kemungkinan besar website anda akan sia sia dan biaya yang dikeluarkan percuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published.